BAB 1
1. Apa
pentingnya keterampilan interpersonal ?
Jawab
:
Pentingnya
keterampilan interpersonal bagi para manajer dalam organisasi membantunya untuk
menarik dan mempertahankan pekerja yang berkinerja tinggi dan menciptakan
situasi yang menyenangkan antara manajer dengan pekerja dengan begitu pekerjaan
akan efektif dan efisien.
2. Apa
yang dilakukan manajer dari sisi fungsi,peran,dan keterampilan ?
Jawab
:
Fungsi
manajemen :
a. Planning,
suatu proses yang terdiri atas mendefinisikan tujuan,menyusun strategi,dan
mengembangkan rencana untuk mengoordinasi aktivitas
b. Organizing,
menentukan tugas-tugas apa yang akan dikerjakan,siapa yang mengerjakannya,siapa
yang melapor pada siapa,dan di mana keputusan harus di buat.
c. Leading,
suatu fungsi yang mencakup memotivasi pekerja,mengarahkan aktivitasnya,memilih
saluran komunikasi yang paling efektif, dan menyelesaikan konflik.
d. Controlling,
aktivitas pengawasan untuk memastikannya tercapai sesuai rencana dan mengoreksi
potensial.
Peran
mananjem menurut Henry Mintzberg di akhir tahun 1960-an;
a. Peran
Interpersonal, semua manajer diharuskan untuk melaksanakan tanggung jawabnya,
peran ini meliputi Peran pemimpin yang
mencakup dalam merekrut,melatih,memotivasi dan mendisplinkan pekerja. Dan Peran perantara atau menghubungi pihak
lain yang memberikan informasi pada manajer, contohnya manajer keuangan dengan
manajer produksi.
b. Peran
informasional, semua manajer pada tingkat tertentu memperoleh informasi dari
luar organisasi dan institusi khususnya melalui media massa untuk mempelajari
perubahan selera masyarakat, apa yang mungkin sedang direncanakan pesaing dan
sebagainya peran ini disebut peran
pengawas. Manajer juga bertindak sebagai penyalur untuk menghantarkan
informasi kepada para anggota organisasi, ini adalah peran penyebar. Selain itu, manajer menjalankan peran juru bicara saat mewakili
organisasi terhadap pihak luar.
c. Peran
memutuskan, dalam peran wirausaha, manajer
mengawali dan mengawai proyek- proyek baru yang akan meningkatkan kinerja
organisasi. Sebagai pengendali gejolak manajer mengambil tindakan korektif untuk
merespons masalah yang tidak terduga, sebagai pengalokasi sumber daya manajer bertanggung jawab untuk
mengalokasikan sumber daya manusia,fisik dan moneter. Manajer menjalankan peran
negosiator yakni mereka mendiskusikan
isu dan tawar menawar dengan unit lain untuk memperoleh keuntungan bagi
unitnya.
Keterampilan
manajemen :
1. Keterampilan
teknis. Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan atau keterampilan khusus
dalam suatu pekerjaan.
2. Keterampilan
manusia. Kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain,
baik dalam individu maupun kelompok.
3. Keterampilan
konseptual. Kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi yang
kompleks.
3.
apa perilaku organisasi (OB) itu ?
Jawab
:
Perilaku organisasi
(OB) adalah sebuah bidang studi yang menginvestasi pengaruh individu,kelompok
dan struktur terhadap perilaku didalam organisasi untuk tujuan penerapan
pengetahuan demi peningkatan efektivitas organisasi. Perilaku organisasi
mencakup topik-topik inti :
a.
Motivasi
b.
Perilaku dan kekuasaan pemimpin
c.
Komunikasi interpersonal
d.
Struktur dan proses kelompok
e.
Pengembangan dan persepsi sikap
f.
Proses perubahan
g.
Konflik dan negosiasi
h. Rancangan
kerja
4.
Mengapa penting untuk melengkapi intuisi dengan kajian sistematis ?
Jawab
:
Kajian sistematis adalah satu alat yang
akurat untuk memprediksi perilaku yang wajar sedangkan intuisi adalah firasat
yang tidak selalu didukung riset. Maka dari itu diperlukan kajian sistematis
untuk melengkapi intuisi Karena tidak selamanya firasat yang kita miliki benar
maka dari itu diperlukan riset atau kajian sistematis untuk perilaku orang lain
(dan diri kita sendiri) .
5.
apakah disiplin ilmu perilaku utama yang berkontribusi pada perilaku organisasi
?
Jawab :
Perilaku organisasi merupakan sebuah
ilmu perilaku terapan yang dibangun atas kontribusi disiplin perilaku,terutama
psikologi,psikologi social,sosiologi dan antropologi.
Psikologi adalah ilmu yang mencoba untuk
mengukur,menjelaskan,serta kadang-kadang mengubah perilaku manusia dan
hewan-hewan lainnya. Psikologi social adalah gabungan dari konsep psikologi dan
sosiologi untuk focus pada pengaruh manusia terhadap sesamanya,kajian utamanya
adalah perubahan- bagaiman mengimplementasikannya dan bagaimana mengurangi
rintangan untuk menerimanya. Sosiologi adalah studi tentang manusia dalam
kaitannya dengan lingkungan social atau budayanya. Antropologi adalah studi
tentang masyarakat untuk mempelajari keberadaan manusia dan aktivitasnya.
6.
mengapa hanya sedikit hal-hal mutlak dalam perilaku organisasi ?
Jawab;
Karena seseorang sering bertindak sangat
berbeda dalam situasi yang sama. Maka dari itu konsep perilaku organisasi harus
merefleksikan kondisi yang situasional atau kebetulan untuk membuat prediksi
yang valid mengenai perilaku manusia.
7.
Apa tantangan dan peluang untuk manajer dalam menggunakan konsep-konsep
perilaku organisasi ?
Jawab ;
Tantanganya yaitu ;
a.
Merespons tekanan ekonomi
b.
Merespons globalisasi
c.
Mengelola keragaman tenaga kerja
d.
Meningkatkan layanan pelanggan
e.
Meningkatkan keterampilan bermasyarakat
f.
Bekerja dalam organisasi jaringan
g.
Meningkatkan kesejahteraan pekerja saat
bekerja
h.
Menciptakan lingkungan yang positif
i.
Meningkatkan perilaku etis
Peluangnya yang diambil dari setiap
tantangan adalah akan menambah keterampilan interpersonal pada manajer dan jika
manajer mampu menjawab atau menyelesaikan tantangan maka manajer akan unggul
dan bersaing dan meningkatkan profit perusahaan serta menambah pangsa pasar.
8.
Apa saja tiga level analisa dalam model perilaku organisasi buku ini ?
Jawab ;
Tiga jenis model perilaku organisasi
adalah Masukan (input),proses (proceses) dan keluaran (outcome)
Bab
2
1.
Apakah dua bentuk utama keragaman tenaga
kerja ?
Jawab
:
Dua
bentuk utama keragaman tenaga kerja yaitu :
1.
Keragaman level permukaan adalah
perbedaan-perbedaan dalam karekteristik yang mudah dinilai seperti jenis
kelamin,ras,etnis,umur atau kecatatan,yang tidak mereflesikan cara orang
berpikir atau merasa tetapi dapat memunculkan stereotip
2.
Keragaman level dalam adalah perbedaan
dalam nilai-nilai,kepribadian,dan preferensi kerja yang menjadi lebih penting
secara progesif dalam menentukan kesamaan,seiring semakin mengenal orang lain
dengan lebih baik.
2.
Apakah stereotip dan bagaimana mereka
berfungsi dalam latar organisasi ?
jawab
;
Stereotip
(stereotype) adalah menilai seseorang
berdasarkan persepsi mengenai kelompoknya atau asalnya. Fungsi stereotip
sendiri dalam latar organisasi adalah untuk membantu manajer dalam pengambilan
keputusan agar tidak terjadi diskriminasi di organisasi. Diskriminasi adalah
memperhatikan perbedaan antara satu hal dengan hal lain, diskiriminasi sering
mengacu pada ketidakadilan dalam menilai kelompok.
3.
Apa saja karateristik biografis utama
dan bagaimana mereka relevan terhadap perilaku organisasi ?
Jawab
:
Karateristik
biografis utama adalah karateristik pribadi seperti umur,jenis kelamin,rasa dan
etnis & lama bekerja yang bersifat objektif dan mudah diperoleh dari
catatan personel. Hubungan karateristik biografis dalam perilaku organisasi
adlah mendukung manajer dalam pengambilan keputusan seperti merekrut karyawan
baru dan memilih siapa yang terbaik untuk sebuah pekerja dan berfungsi untuk
mencegah terjadinya diskriminasi dalam organisasi agar selalu terciptannya
efisien dan efektif sebuah tindakan
perilaku organisasi.
4.
Apakah yang dimaksud kemampuan intelektual dan bagaiman
hubungannya dengan perilaku organisasi ?
Jawab
:
Kemampuan
adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan berbagai macam tugas dalam
sebuah pekerjaan. Kemampuan intelektual adalah kapasitas untuk melakukan
aktivitas mental-berpikir,penalaran,dan memecahkan masalah. Dan hubungan
kemampuan intelektual dalam perilaku organisasi adalah meningkatkan keuntungan
perusahaan dan pangsa pasar karna organisasi yang memiliki pekerja yang cerdas
dan baik maka dari itu manajer dalam merekrut melakukan tes untuk menilai
kecerdasan seseorang.
5.
Bagaimana anda dapat membedakan
kemampuan intelektual dan fisik ?
Jawab
;
Perbedaan
kemampuan intelektual dan fisik salah satunya adalah kemampuan intelektual adalah
kemampuan untuk melakukan aritmatika yang cepat dan akurat sedangan kemampuan
fisik adalah kemampuan untuk menggunakan dorongan otot-otot berulang-ulang atau
terus-menerus sepanjang waktu.
6.
Bagaimana organisasi mengelola keragaman
secara efektif ?
Jawab
;
Cara organisasi
dalam mengelola keragaman secara efektif adalah manajer harus mengetahui
kerangka kerja legal bagi peluang pekerjaan tanpa memandang karaterisitik
demografisnya, manajer mengetahui bahwa sebuah tenaga kerja yang Beragam akan
lebih baik dalam melayani pasar yang beragam klien dan pelanggannya dan manajer
melakukan pelatihan terhadap pekerja agar mengeluarkan keahlian mereka untuk meningkatkan kinerja
setiap orang.
BAB
3
1.
Apa saja komponen-komponen utama sikap?
Apakah komponen – komponen itu berhubungan atau tidak berhubungan ?
Jawab
;
Komponen
– komponen utama sikap,yaitu:
1.
Komponen kognitif (opini atau segmen
kepercayaan dari suatu sikap)
2.
Komponen afektif ( segmen perasaan atau
emosional dari suatu sikap )
3.
Komponen perilaku (sebuah maksud untuk
berperilaku tertentu seseorang atau sesuatu). Komponen-komponen ini berkaitan
erat contohnya seorang pekerja mendapatkan perlakuan tidak adil karena
atasannya memberikan promosi pada rekan kerjanya yang kurang pantas sehingga ia
tidak menyukai atasannya dan ia akan mencari pekerjaan lain dan mengeluh
mengenai atasannya pada orang yang mau mendengarkan : pekerja itu berpikir ia
layak mendapatkan promosi (kognitif), dia sangat tidak menyukai atasannya
(afek) dan dia telah mengeluh dan mengambil tindakan (perilaku)
2.
Apakah perilaku selalu mengikuti sikap?
Mengapa atau mengapa tidak ? diskusikanlah faktor-faktor yang mempengaruhi
apakah perilaku mengikuti sikap.
Jawab
:’
Ya,
karena sikap yang dimiliki seseorang akan menentukan apa yang akan mereka lakukan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengikuti sikap adalah pentingnya elemen – elemen yang
meciptakan tingkat pengaruh kepercayaan yang kita miliki. Individu akan
lebih memotivasi untuk mengurangi ketidakcocokan akan sikap atau perilaku
dengan imbalan.
3.
Apakah sikap-sikap kerja yang utama?
Dalam hal apa sikap-sikap ini serupa? Apa yang unik pada masing-masing sikap
itu?
Jawab
:
Sikap-sikap
kerja yang utama adalah kepuasan kerja adalah suatu perasaan positif tentang
pekerjaan yang dihasilkan dari suatu evaluasi dari karateristiknya,keterlibatan
kerja adalah tingkat dimana seseorang mengidentifikasi dengan sebuah pekerjaan
secara aktif berpartisipasi didalamnya dan mempertimbangkan kinerja penting
bagi nilai diri,pemberdayaan psikologis adalah kepercayaan pekerja dalam
tingkat dimana mereka mempengaruhi lingkungan kerjanya,dukungan organisasi
adalah tingkat dimana seorang mengidentifikasi sebuah organisasi,tujuan dan
harapannya untuk tetap menjadi anggota dan dukungan organisasi yang dirasakan
adalah tingkat dimana para pekerja mempercayai organisasi menilai kontribusinya
dan peduli mengenai kesejahteraan mereka. Sikap – sikap ini serupa dalam hal
tanggung jawab dan kepedulian pekerja
atau keterlibatan kerja untuk
memwujudkan tujuan organisasi.
4.
Bagaiman kita mengukur kepuasaan kerja ?
Jawab;
Kita
dapat mengukur kepuasan kerja dengan menggunkana riset atau angket akan laporan
personel agar terjalin keharmonisan antara pekerja dengan manajer.
5.
Apa yang menyebabkan kepuasaan kerja ?
bagaimana kebanyakan orang,apakah gaji atau pekerjaan itu sendiri yang lebih
penting ?
Jawab:
Yang
menyebabkan kepuasaan kerja adalah karena adanya pekerjaan menarik yang
memberikan pelatihan,keragaman,kemandirian,kendali dan interaksi yang baik
dengan rekan kerja dalam tempat kerja. Yang lebih penting adalah orang yang
memiliki evaluasi inti diri positif
yang percaya pada nilai dan kompetensi dasar dan kemampuan mereka sehingga
lebih puas dengan pekerjaannya.
6.
Hasil apa yang dipengaruhi kepuasaan
kerja ? apa implikasinya bagi manajemen?
Jawab:
Hal
yang akan dipengaruhi ketidakpuasan kerja ,yaitu ;
a.
Keluar, ketidakpuasaan yang diungkapkan
melalui perilaku yang mengarahkan pada meninggalkan organisasi
b.
Suara, ketidkapuasan yang diungkapkan
melalui percobaan untuk memeprbaiki kondisi secara aktif dan konstruktif
c.
Loyalitas, ketidakpuasaan yang
diungkapkan melaui secara pasif menunggu kondisi – kondis itu memmbaik
d.
Pengabaian, ketidakpuasaan yang
diungkapkan dengan membiarkan kondisi memburuk
Sedangkan
hal yang mempengaruhi dari kepuasaan kerja adalah organisasi akan berjalan
dengan efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan organisasi.
Implikasi
bagi manajemen,yaitu
-
Perhatikanlah tingkat kepuasaan kerja
para pekerja anda sebagai penentu kinerja,perputaran kerja,absensi,dan perilaku
penarikan mereka
-
Ukurlah sikap kerja pekerja secara
objektif dan pada interval yang teratur untuk menentukan bagaimana pekerja
beraksi pada pekerjaannya.
-
Untuk meningkatkan kepuasaan pekerja,
evaluasi kecocokan antara minat kerja pekerja dan bagian intrinsic pekerjaannya
untuk menciptakan pekerjaan yang menantang dan menarik bagi individu
-
Pertimbangkanlah fakta bahwa gaji yang
tinggi saja tidka mungkin menciptakan sebuah lingkungan kerja yang memuaskan.
kalau bisa sampai bab 8 xixixixi
BalasHapusSangat membantu sekali guys
BalasHapusterimaksih,., lengkap banget nih
BalasHapusJawaban tugas kuliah aku ada di sini Semua...😍...terimakasih 😀😊😁
BalasHapusTake a Veer
BalasHapusASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Terimakasih sangat bermanfaat :)
BalasHapusAda bab 4 nya?
BalasHapussemogaa ada bab 4 nyaa, terimakasih ini sangat membantu sekali :)
BalasHapusBb 4 kk :)
BalasHapus