Sabtu, 01 Oktober 2016

TUGAS PERILAKU ORGANISASI



BAB  1
1.      Apa pentingnya keterampilan interpersonal ?
Jawab :
Pentingnya keterampilan interpersonal bagi para manajer dalam organisasi membantunya untuk menarik dan mempertahankan pekerja yang berkinerja tinggi dan menciptakan situasi yang menyenangkan antara manajer dengan pekerja dengan begitu pekerjaan akan efektif dan efisien.
2.      Apa yang dilakukan manajer dari sisi fungsi,peran,dan keterampilan ?
Jawab :
Manajer adalah individu yang mencapai tujuan melalui orang lain.
Fungsi manajemen :
a.       Planning, suatu proses yang terdiri atas mendefinisikan tujuan,menyusun strategi,dan mengembangkan rencana untuk mengoordinasi aktivitas
b.      Organizing, menentukan tugas-tugas apa yang akan dikerjakan,siapa yang mengerjakannya,siapa yang melapor pada siapa,dan di mana keputusan harus di buat.
c.       Leading, suatu fungsi yang mencakup memotivasi pekerja,mengarahkan aktivitasnya,memilih saluran komunikasi yang paling efektif, dan menyelesaikan konflik.
d.      Controlling, aktivitas pengawasan untuk memastikannya tercapai sesuai rencana dan mengoreksi potensial.
Peran mananjem menurut Henry Mintzberg di akhir tahun 1960-an;
a.       Peran Interpersonal, semua manajer diharuskan untuk melaksanakan tanggung jawabnya, peran ini meliputi Peran pemimpin yang mencakup dalam merekrut,melatih,memotivasi dan mendisplinkan pekerja. Dan Peran perantara atau menghubungi pihak lain yang memberikan informasi pada manajer, contohnya manajer keuangan dengan manajer produksi.
b.      Peran informasional, semua manajer pada tingkat tertentu memperoleh informasi dari luar organisasi dan institusi khususnya melalui media massa untuk mempelajari perubahan selera masyarakat, apa yang mungkin sedang direncanakan pesaing dan sebagainya peran ini disebut peran pengawas. Manajer juga bertindak sebagai penyalur untuk menghantarkan informasi kepada para anggota organisasi, ini adalah peran penyebar. Selain itu, manajer menjalankan peran juru bicara saat mewakili organisasi terhadap pihak luar.
c.       Peran memutuskan, dalam peran wirausaha, manajer mengawali dan mengawai proyek- proyek baru yang akan meningkatkan kinerja organisasi. Sebagai pengendali gejolak  manajer mengambil tindakan korektif untuk merespons masalah yang tidak terduga, sebagai pengalokasi sumber daya manajer bertanggung jawab untuk mengalokasikan sumber daya manusia,fisik dan moneter. Manajer menjalankan peran negosiator yakni mereka mendiskusikan isu dan tawar menawar dengan unit lain untuk memperoleh keuntungan bagi unitnya.
Keterampilan manajemen :
1.      Keterampilan teknis. Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan atau keterampilan khusus dalam suatu pekerjaan.
2.      Keterampilan manusia. Kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain, baik dalam individu maupun kelompok.
3.      Keterampilan konseptual. Kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi yang kompleks.
3. apa perilaku organisasi (OB) itu ?
Jawab :
Perilaku organisasi (OB) adalah sebuah bidang studi yang menginvestasi pengaruh individu,kelompok dan struktur terhadap perilaku didalam organisasi untuk tujuan penerapan pengetahuan demi peningkatan efektivitas organisasi. Perilaku organisasi mencakup topik-topik inti :
a.       Motivasi
b.      Perilaku dan kekuasaan pemimpin
c.       Komunikasi interpersonal
d.      Struktur dan proses kelompok
e.       Pengembangan dan persepsi sikap
f.       Proses perubahan
g.      Konflik dan negosiasi
h.      Rancangan kerja
4. Mengapa penting untuk melengkapi intuisi dengan kajian sistematis ?
Jawab :
Kajian sistematis adalah satu alat yang akurat untuk memprediksi perilaku yang wajar sedangkan intuisi adalah firasat yang tidak selalu didukung riset. Maka dari itu diperlukan kajian sistematis untuk melengkapi intuisi Karena tidak selamanya firasat yang kita miliki benar maka dari itu diperlukan riset atau kajian sistematis untuk perilaku orang lain (dan diri kita sendiri) .
5. apakah disiplin ilmu perilaku utama yang berkontribusi pada perilaku organisasi ?
Jawab :
Perilaku organisasi merupakan sebuah ilmu perilaku terapan yang dibangun atas kontribusi disiplin perilaku,terutama psikologi,psikologi social,sosiologi dan antropologi.
Psikologi adalah ilmu yang mencoba untuk mengukur,menjelaskan,serta kadang-kadang mengubah perilaku manusia dan hewan-hewan lainnya. Psikologi social adalah gabungan dari konsep psikologi dan sosiologi untuk focus pada pengaruh manusia terhadap sesamanya,kajian utamanya adalah perubahan- bagaiman mengimplementasikannya dan bagaimana mengurangi rintangan untuk menerimanya. Sosiologi adalah studi tentang manusia dalam kaitannya dengan lingkungan social atau budayanya. Antropologi adalah studi tentang masyarakat untuk mempelajari keberadaan manusia dan aktivitasnya.
6. mengapa hanya sedikit hal-hal mutlak dalam perilaku organisasi ?
Jawab;
Karena seseorang sering bertindak sangat berbeda dalam situasi yang sama. Maka dari itu konsep perilaku organisasi harus merefleksikan kondisi yang situasional atau kebetulan untuk membuat prediksi yang valid mengenai perilaku manusia.
7. Apa tantangan dan peluang untuk manajer dalam menggunakan konsep-konsep perilaku organisasi ?
Jawab ;
Tantanganya yaitu ;
a.    Merespons tekanan ekonomi
b.    Merespons globalisasi
c.    Mengelola keragaman tenaga kerja
d.   Meningkatkan layanan pelanggan
e.    Meningkatkan keterampilan bermasyarakat
f.     Bekerja dalam organisasi jaringan
g.    Meningkatkan kesejahteraan pekerja saat bekerja
h.    Menciptakan lingkungan yang positif
i.      Meningkatkan perilaku etis
Peluangnya yang diambil dari setiap tantangan adalah akan menambah keterampilan interpersonal pada manajer dan jika manajer mampu menjawab atau menyelesaikan tantangan maka manajer akan unggul dan bersaing dan meningkatkan profit perusahaan serta menambah pangsa pasar.
8. Apa saja tiga level analisa dalam model perilaku organisasi buku ini ?
Jawab ;
Tiga jenis model perilaku organisasi adalah Masukan (input),proses (proceses) dan keluaran (outcome)






Bab 2
1.      Apakah dua bentuk utama keragaman tenaga kerja ?
Jawab :
Dua bentuk utama keragaman tenaga kerja yaitu :
1.      Keragaman level permukaan adalah perbedaan-perbedaan dalam karekteristik yang mudah dinilai seperti jenis kelamin,ras,etnis,umur atau kecatatan,yang tidak mereflesikan cara orang berpikir atau merasa tetapi dapat memunculkan stereotip
2.      Keragaman level dalam adalah perbedaan dalam nilai-nilai,kepribadian,dan preferensi kerja yang menjadi lebih penting secara progesif dalam menentukan kesamaan,seiring semakin mengenal orang lain dengan lebih baik.
2.      Apakah stereotip dan bagaimana mereka berfungsi dalam latar organisasi ?
jawab ;
Stereotip (stereotype) adalah menilai seseorang berdasarkan persepsi mengenai kelompoknya atau asalnya. Fungsi stereotip sendiri dalam latar organisasi adalah untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan agar tidak terjadi diskriminasi di organisasi. Diskriminasi adalah memperhatikan perbedaan antara satu hal dengan hal lain, diskiriminasi sering mengacu pada ketidakadilan dalam menilai kelompok.
3.      Apa saja karateristik biografis utama dan bagaimana mereka relevan terhadap perilaku organisasi ?
Jawab :
Karateristik biografis utama adalah karateristik pribadi seperti umur,jenis kelamin,rasa dan etnis & lama bekerja yang bersifat objektif dan mudah diperoleh dari catatan personel. Hubungan karateristik biografis dalam perilaku organisasi adlah mendukung manajer dalam pengambilan keputusan seperti merekrut karyawan baru dan memilih siapa yang terbaik untuk sebuah pekerja dan berfungsi untuk mencegah terjadinya diskriminasi dalam organisasi agar selalu terciptannya efisien dan efektif sebuah  tindakan perilaku organisasi.
4.      Apakah yang dimaksud kemampuan intelektual dan bagaiman hubungannya dengan perilaku organisasi ?
Jawab :
Kemampuan adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan berbagai macam tugas dalam sebuah pekerjaan. Kemampuan intelektual adalah kapasitas untuk melakukan aktivitas mental-berpikir,penalaran,dan memecahkan masalah. Dan hubungan kemampuan intelektual dalam perilaku organisasi adalah meningkatkan keuntungan perusahaan dan pangsa pasar karna organisasi yang memiliki pekerja yang cerdas dan baik maka dari itu manajer dalam merekrut melakukan tes untuk menilai kecerdasan seseorang.
5.      Bagaimana anda dapat membedakan kemampuan intelektual dan fisik ?
Jawab ;
Perbedaan kemampuan intelektual dan fisik salah satunya adalah kemampuan intelektual adalah kemampuan untuk melakukan aritmatika yang cepat dan akurat sedangan kemampuan fisik adalah kemampuan untuk menggunakan dorongan otot-otot berulang-ulang atau terus-menerus sepanjang waktu.
6.      Bagaimana organisasi mengelola keragaman secara efektif ?
Jawab ;
Cara organisasi dalam mengelola keragaman secara efektif adalah manajer harus mengetahui kerangka kerja legal bagi peluang pekerjaan tanpa memandang karaterisitik demografisnya, manajer mengetahui bahwa sebuah tenaga kerja yang Beragam akan lebih baik dalam melayani pasar yang beragam klien dan pelanggannya dan manajer melakukan pelatihan terhadap pekerja agar mengeluarkan  keahlian mereka untuk meningkatkan kinerja setiap orang.







BAB 3
1.      Apa saja komponen-komponen utama sikap? Apakah komponen – komponen itu berhubungan atau tidak berhubungan ?
Jawab ;
Komponen – komponen utama sikap,yaitu:
1.      Komponen kognitif (opini atau segmen kepercayaan dari suatu sikap)
2.      Komponen afektif ( segmen perasaan atau emosional dari suatu sikap )
3.      Komponen perilaku (sebuah maksud untuk berperilaku tertentu seseorang atau sesuatu). Komponen-komponen ini berkaitan erat contohnya seorang pekerja mendapatkan perlakuan tidak adil karena atasannya memberikan promosi pada rekan kerjanya yang kurang pantas sehingga ia tidak menyukai atasannya dan ia akan mencari pekerjaan lain dan mengeluh mengenai atasannya pada orang yang mau mendengarkan : pekerja itu berpikir ia layak mendapatkan promosi (kognitif), dia sangat tidak menyukai atasannya (afek) dan dia telah mengeluh dan mengambil tindakan (perilaku)
2.      Apakah perilaku selalu mengikuti sikap? Mengapa atau mengapa tidak ? diskusikanlah faktor-faktor yang mempengaruhi apakah perilaku mengikuti sikap.
Jawab :’
Ya, karena sikap yang dimiliki seseorang akan menentukan apa yang akan mereka lakukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengikuti sikap adalah pentingnya elemen – elemen yang meciptakan tingkat pengaruh  kepercayaan yang kita miliki. Individu akan lebih memotivasi untuk mengurangi ketidakcocokan akan sikap atau perilaku dengan imbalan.
3.      Apakah sikap-sikap kerja yang utama? Dalam hal apa sikap-sikap ini serupa? Apa yang unik pada masing-masing sikap itu?
Jawab :
Sikap-sikap kerja yang utama adalah kepuasan kerja adalah suatu perasaan positif tentang pekerjaan yang dihasilkan dari suatu evaluasi dari karateristiknya,keterlibatan kerja adalah tingkat dimana seseorang mengidentifikasi dengan sebuah pekerjaan secara aktif berpartisipasi didalamnya dan mempertimbangkan kinerja penting bagi nilai diri,pemberdayaan psikologis adalah kepercayaan pekerja dalam tingkat dimana mereka mempengaruhi lingkungan kerjanya,dukungan organisasi adalah tingkat dimana seorang mengidentifikasi sebuah organisasi,tujuan dan harapannya untuk tetap menjadi anggota dan dukungan organisasi yang dirasakan adalah tingkat dimana para pekerja mempercayai organisasi menilai kontribusinya dan peduli mengenai kesejahteraan mereka. Sikap – sikap ini serupa dalam hal tanggung jawab dan kepedulian pekerja  atau keterlibatan kerja untuk memwujudkan tujuan organisasi.
4.      Bagaiman kita mengukur kepuasaan kerja ?
Jawab;
Kita dapat mengukur kepuasan kerja dengan menggunkana riset atau angket akan laporan personel agar terjalin keharmonisan antara pekerja dengan manajer.
5.      Apa yang menyebabkan kepuasaan kerja ? bagaimana kebanyakan orang,apakah gaji atau pekerjaan itu sendiri yang lebih penting ?
Jawab:
Yang menyebabkan kepuasaan kerja adalah karena adanya pekerjaan menarik yang memberikan pelatihan,keragaman,kemandirian,kendali dan interaksi yang baik dengan rekan kerja dalam tempat kerja. Yang lebih penting adalah orang yang memiliki evaluasi inti diri positif yang percaya pada nilai dan kompetensi dasar dan kemampuan mereka sehingga lebih puas dengan pekerjaannya.
6.      Hasil apa yang dipengaruhi kepuasaan kerja ? apa implikasinya bagi manajemen?
Jawab:
Hal yang akan dipengaruhi ketidakpuasan kerja ,yaitu ;
a.       Keluar, ketidakpuasaan yang diungkapkan melalui perilaku yang mengarahkan pada meninggalkan organisasi
b.      Suara, ketidkapuasan yang diungkapkan melalui percobaan untuk memeprbaiki kondisi secara aktif dan konstruktif
c.       Loyalitas, ketidakpuasaan yang diungkapkan melaui secara pasif menunggu kondisi – kondis itu memmbaik
d.      Pengabaian, ketidakpuasaan yang diungkapkan dengan membiarkan kondisi memburuk
Sedangkan hal yang mempengaruhi dari kepuasaan kerja adalah organisasi akan berjalan dengan efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan organisasi.
Implikasi bagi manajemen,yaitu
-          Perhatikanlah tingkat kepuasaan kerja para pekerja anda sebagai penentu kinerja,perputaran kerja,absensi,dan perilaku penarikan mereka
-          Ukurlah sikap kerja pekerja secara objektif dan pada interval yang teratur untuk menentukan bagaimana pekerja beraksi pada pekerjaannya.
-          Untuk meningkatkan kepuasaan pekerja, evaluasi kecocokan antara minat kerja pekerja dan bagian intrinsic pekerjaannya untuk menciptakan pekerjaan yang menantang dan menarik bagi individu
-          Pertimbangkanlah fakta bahwa gaji yang tinggi saja tidka mungkin menciptakan sebuah lingkungan kerja yang memuaskan.





10 komentar:

  1. kalau bisa sampai bab 8 xixixixi

    BalasHapus
  2. Jawaban tugas kuliah aku ada di sini Semua...😍...terimakasih 😀😊😁

    BalasHapus
  3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  4. Terimakasih sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. semogaa ada bab 4 nyaa, terimakasih ini sangat membantu sekali :)

    BalasHapus